hilangkan rasa malas dalam pengerjaan skripsi ala Gero

Pada suatu ketika saya harus menyelesaikan penelitian untuk tugas skripsi saya. Seperti biasa sebagian besar mahasiswa semester akhir biasanya hanya mengambil beberapa SKS untuk menyelesaikan studinya, walaupun tidak semua mahasiswa sama sepertiku.

Hal yang paling klasik dialami mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi adalah rasa malas. Lalu bagaimana cara kita untuk menyiasati rasa malas ini? Yang pasti setiap orang mempunyai cara berbeda-beda dalam menyikapinya. Namun bila rasa malas ini mengampiri maka hal yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Berniat dengan sungguh-sungguh untuk menghilangkan rasa mala situ.

Niatan ini merupakan awal perubahan didalam diri kita. Jangan sampai niatan ini menjadi sirna ketika banyak aktivitas organisasi atau karena pengaruh teman-teman dilingkungan kita. Bila memang kondisinya demikian maka hal yang paling mudah kita lakukan untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan menanyakan sejauh mana tugas skripsi yang sudah teman-teman kita lakukan.

2. Buat jadwal khusus untuk diri sendiri.

Ketika jadwal yang telah kita buat telah selesai kita rancang maka hal yang paling penting bukanlah rancangan dari jadwal itu namun bagaimana jadwal itu bisa berjalan kontinyu. Biasanya seseorang sangat sulit untuk mengorganisir dirinya senidri, maka dari itu sebisa mungkin jadwal yang telah anda buat dikomunikasikan dengan teman-teman terdekat anda sehingga ada remainder dari orang-orang terdekat kita.

3. Jangan menunda-nunda bimbingan dengan Dosen.

Dosen pembimbing selain bertugas membimbing kita juga pemacu kita dalam menyelesaikan tugas skripsi kita. Disamping itu dosen juga perupakan pencerah bagi data-data yang kita butuhkan. Karena dengan bimbingan ini kita menjadi tahu apa yang tidak kita tahu dan menjadikan skripsi kita sebagai penelitian yang ideal.

4. Komunikasikan rasa malas ini pada sahabat anda.

Ini menjadikan banyak pengingat dikala rasa malas itu mulai bersemi. Manfaatkan juga orang-orang disekitar kita untuk menjadikan alarm bangun pagi disaat anda mulai bosan dengan data-data dan aktivitas skripsi anda.

5. Lakukan penyegaran pikiran.

Untuk melakukan refreshing otak setiap orang punya cara yang berbeda-beda. Ada sebagian orang hanya denga membaca komik otak dapat menjadi segar kembali. Tidak jarang juga untuk menyegarkan otak seseorang mebutuhkan banyak uang untuk mencari kepuasan sendiri. Bagaimanapun caranya lakukanlah penyegaran otak untuk mengembalikan semangat anda kembali.

6. Berdoalah kepada Allah.

Tidak lengkap bila hal-hal diatas dikerjakan tanpa adanya dorongan spiritual. Dorongan spiritual ini merupakan ruh dari jiwa-jiwa kita yang menjalankan aktivitas-aktivitas diatas. Karena bila tidak adanya Ridha dari Allah SWT maka tips-tips diatas tidak akan berguna sama sekali. Oleh karena itu perlu pendekatan personal dengan sang khalik. Dengan doa ini juga rasa malas yang tumbuh pada diri kita akan mudah sirna karena ada Maha pemilik jiwa ini yaitu Allah SWT yang senantiasanya membantu kita.

Ya itulah yang biasa saya lakukan untuk menghilangkan rasa malas ketika rasa ini datang menyerangku. Lain ladang lain belalang. Itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan perbedaan antara kita. Bila memang tulisan ini tidak berguna mengapa anda masih disini untuk membacanya. Carilah refrensi lain yang lebih cocok dengan anda dan tinggalkan tulisan ini sekarang juga.

Comments
One Response to “hilangkan rasa malas dalam pengerjaan skripsi ala Gero”
  1. idan mengatakan:

    Keren ded blogna…

    Tukeran link yukz..

    Blogmu udah aq taruh di blogrollku..

    nih punya ku
    http://blackcurrantz.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: